Tutorial Photoshop Cara Membuat Efek Api

Tutorial Photoshop Cara Membuat Efek Api yang mudah dan simple. Beberapa tutorial membuat efek api yang saya baca dari berbagai sumber ternyata bisa dengan macam-macam cara. Dan beberapa diantaranya sangat ribet, susah untuk diikuti. Akhirnya karena penasaran saya coba buat sendiri. Pada cara membuat efek api photoshop yang saya coba ini, menggunakan beberapa filter efek yaitu:
  • Filter - Stylize - Wind
  • Filter - Distort - Ripple
  • Efek gradient
Dan hasil dari efek api yang saya buat adalah sebagai berikut:

Hanya tiga dengan efek itu saya mencoba membuat efek api Photoshop. Dan berikut ini step by step cara membuatnya.

Cara Membuat Efek Api

1. Buat file baru, pada contoh saya membuat ukuran 500 x 280 pixel, dengan resolusi 72px saja biar ringan.
2. Buat background menjadi warna hitam pekat.
3. Buat tulisan misalnya di sini saya menggunakan tulisan "Efek Api" jenis font Arial, dan Bold.
4. Warna tulisan dibuat gradient, merah kuning merah, di default Photoshop sudah tersedia. Cara memberi efek gradient: Layer > Layer Style - Gradient Overlay dan pilih warna gradient merah - kuning - merah.
5. Copy layer text tulisan tadi (menjadi layer efek api copy).
6. Pertama yang akan kita buat efek adalah layer efek api, bukan yang copynya.
7. Putar canvas image, caranya: Image > Rotate Canvas > 90ยบ CCW
8. Posisi masih layer efek api, beri efek Wind, caranya: Filter - Style - Wind
9. Kemudian tekan ctrl + F, sekali atau beberapa kali sampai bisa terlihat kobaran api agak besar.
10. Setelah itu, beri efek lagi Ripple, caranya: Filter - Distort - Ripple, disini juga harus berkreasi agar kobaran api menjadi semakin terlihat nyata.
11. Dan putar canvas kembali ke posisi semula.
12. Untuk lebih membuat seakan api menjulang ke atas, bisa dengan menarik layer "Efek Api" ke atas atau ke bawah.
13. Dan selesai membuat efek text api ini.
Contoh efek api ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, untuk penggabungan dengan design lain. Cara ini hanya dasarnya, tetapi sudah cukup mewakili kesan kobaran api. Itulah cara membuat efek api Photoshop yang mudah, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog Laptop dan Komputer ini.

HomeSitemapPrivacy PolicyDisclaimer