Cara Backup Data

Cara backup data laptop atau komputer ini akan sangat penting untuk mengamankan file dan data-data pada harddisk. Cara backup data kadang tidak terpikirkan, ketika sampai pada suatu saat, komputer atau laptop mengalami masalah, misalnya harddisk yang menunjukkan gejala seperti ada suara aneh yang tidak biasa. Nah, bersiap-siaplah untuk backup data laptop atau komputer kita.

Mengapa cara backup data ini menjadi penting sekali? Bukan sekali dua kali kejadian, terutama bagi yang banyak bekerja dengan laptop atau komputer, data-data hilang. Wah, kalang kabut, sia-sia semua kerja selama ini karena data harddisk tidak di backup juga lupa untuk menyimpan di CD atau flash disk, kacau pokoknya. Lemas lunglai seperti habis putus cinta, halah lebay dot com. Bagaimana tidak, bila kita sedang mengerjakan sesuatu, misalnya suatu job atau tugas sekolah yang membutuhkan banyak waktu, menguras pikiran, habis waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya kita mengerjakannya. Dan saat harddisk mengalami masalah, bahkan rusak, baru "kalau sudah tiada baru terasa" seperti lagu dangdut asoy jadul itu.

Cara backup data ini mungkin belum diperlukan saat ini, tapi suatu saat mungkin kita akan membutuhkannya, sangat. Jadi bookmark dan simpan saja alamat blog Cara Instal Laptop ini baik-baik ya, ngarep banget dh. Pokoknya penting banget untuk melakukan backup data kita, mau itu disimpan di flashdisk atau disimpan di CD dan di external harddisk misalnya. bah, berikut ini cara backup data laptop atau komputer kita.

Cara backup data komputer/laptop

1. Klik tombol start pada kiri bawah pojok, kemudian all program, dan pilih accessories selanjutnya Sytem Tools lalu backup. Biar jelasnya: Start > All Programs > Accessories > System Tools > Backup.
2. Akan muncul wizard backup atau restore seperti gambar d bawah ini, klik Next saja.
3. Pilih pada pilihan Back up files and Setting, lalu klik next lagi.

cara backup data komputer

4. Kemudian akan muncul untuk empat jenis pilihan backup, pilih saja My Documents and Settings dan next, lihat gambar di bawah.

cara backup data komputer

5. Akan muncul pilihan, dimana kita akan backup data dan beri nama terserah, misalnya "Backup Data April". Misalnya harddisk kita sudah menunjukkan gejala seperti suara aneh yang tidak wajar, lebih baik menyiapkan external harddisk atau flashdisk. Dan catatan, pastikan agar volume tempat kita akan menyimpan backup data tersebut cukup untuk menampung data-data. Setelah dipilih, klik lagi next.

cara backup data komputer

6. Dan selanjutnya Finish, duduk manis sambil menunggu proses backup data berjalan sampai selesai.

cara backup data komputer

Selesai sudah cara backup data komputer kita ini. Lega rasanya, karena data akan aman tentram, tenang dan damai di tempatnya yang baru. Dan misalnya, semoga saja tidak, laptop atau komputer kita benar-benar terkena masalah, windows rusak atau harddisk tidak tertolong lagi, kita siapkan harddisk baru beserta windows. Untuk mengembalikan data harddisk langkahnya seperti pada proses nomor 1 sampai 3, dan pilih "Restore Filea and Settings". Pilih file backup data kita tadi.

Mudah dan simple kan, kalau lamanya backup data tergantung dari besarnya file pada masing-masing laptop atau komputer. Semoga sedikit banyak ada manfaatnya tulisan tentang cara backup data ini.

2 comments:

Anonymous said...

gak ad menu back up nya..trus gmana?

Wilda Chusnia said...

nah sama dengan bro yg di atas --"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog Laptop dan Komputer ini.

HomeSitemapPrivacy PolicyDisclaimer